SENTRA BERMAIN RUMAH PINTAR BSD CITY

 Sentra Bermain merupakan salah satu sentra yang paling digemari oleh anak-anak. Sentra ini memiliki berbagai bentuk pengembangan, diantaranya adalah PAUD, Edugame dan juga Mewarnai.


PAUD menjadi salah satu isu penting di dalam dunia pendidikan di Indonesia, mengingat usia 0-5 tahun adalah merupakan generasi emas bagi perkembangan anak dari aspek kognitif dan mentalnya. Sehingga pendidikan PAUD memiliki peran strategis dalam membangun SDM yang berkarakter dan berkualitas.


Data Kemendikbud menunjukan bahwa masih 22,77 persen anak-anak Indonesia usia dini belum terlayani PAUD. 





Oleh karenanya Sinar Mas Land menjadikan PAUD sebagai salah satu program unggulan CSR bidang pendidikan.


Sejak didirikannya PAUD Rumah Pintar BSD City sangat diminati oleh masyarakat yang terdiri dari warga sekitar Rumah Pintar BSD City. 


Penanaman dan pengembangan karakter dilakukan lewat berbagai macam intervensi yang di terapkan dalam setiap proses belajar mengajar dengan acuan 9 pilar karakter :

1. Cinta Tuhan dengan segenap ciptaannya

2. Mandiri, disiplin dan tanggung jawab

3. Jujur dan amanah

4. Hormat, santun dan pendengar yang baik

5. Dermawan, suka menolong dan kerjasama

6. Percaya diri, kreatif dan pantang menyerah

7. Pemimpin yang baik dan adil

8. Baik dan rendah hati

9. Toleransi, cinta damai dan bersatu


Rumah Pintar BSD City juga menerima anak didik berkebutuhan khusus, dengan batas maksimal 2 anak ABK per kelas / tahun.


Beberapa anak ABK dengan kondisi Autis, speach delay, ADHD dan down syndrome ikut bergabung di kelas dengan bantuan pendampingnya sebagai shadow teacher.


Karena setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan juga kesetaraan apapun kondisinya. 


Dalam hal pembelajaran, saat ini PAUD Rumah Pintar BSD City menggunakan PHBK : Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dari IHF ( Indonesia Heritage Foundation ) dimana metode ini mengutamakan pengembangan karakter positif anak usia dini.


Selain itu juga di terapkannya K4, yaitu Keamanan Kerapihan Kebersihan Ketertiban.


Seluruh pembelajaran ini sebagai dasar dari pendidikan yang diimbangi dengan bimbingan untuk kemampuan berbahasa, kognitif, motoric kasar dan halus.

Maka konsep yang dipakai oleh PAUD Rumah Pintar BSD City merupakan whole konsep dimana dalam setiap pembelajaran anak akan mendapatkan tidak hanya keterampilan yang spesifik namun juga pengembangan karakter menyeluruh atau biasa disebut sebagai Social Emotional Learning, yakni dimana dalam proses belajar mengajar, baik guru maupun siswa melihat diri sendiri secara utuh untuk dapat mengembangkan diri terutama karakter menjadi lebih baik lagi.

Posting Komentar

0 Komentar