BINCANG-BINCANG : MEGAWATI


 


Bercerita tentang saya dan perjalanan karier saya bersama Sinarmas Land, rasanya mirip seperti roller coaster, melaju dengan kecepatan tinggi. Ingat ketika pertama kali saya bergabung di Sinarmas Land di tahun 2005 lalu sebagai staff keuangan, empat tahun kemudian saya berkesempatan untuk mencari pengalaman baru di Quality Management Service, lalu belajar bidang baru lagi saat bekerja di Risk Management Sinarmas Land, hingga mengakhiri masa kerja sebagai Sekretaris Direksi TRM di tahun 2012.

Petualangan saya bersama Sinarmas Land dimulai lagi pada tahun 2014 bersama CSR Sinarmas Land di Rumah Pintar BSD City, terus terang di bagian inilah saya semakin tertarik, tertantang untuk 
bisa ikut berkembang menjadi lebih baik lagi bersama dengan Sinarmas Land.  
 
Bekerja di Rumah Pintar BSD City mempunyai kesan mendalam bagi saya, di sini saya tertantang untuk terus belajar memikirkan program-program apa yang terbaik dan bisa diterapkan serta memastikannya berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi banyak orang. Di sisi lain, Rumah Pintar merupakan tempat saya bertumbuh, mengasah bakat dan juga hobi. 


Di Rumah Pintar saya bisa mengajar sambil belajar, ada rasa kepuasan tersendiri saat bisa berbagi / menjadi saluran untuk berbagi, melihat para binaan yang saat awal bergabung tidak memiliki keterampilan, namun sekarang sudah mulai bisa merintis usaha dan bahkan ada yang sudah berhasil. Selain itu juga bisa melihat semangat generasi masa kini dalam belajar mengasah bakat dan menambah keterampilannya lewat berbagai program yang ada.



Rumah Pintar BSD City memiliki banyak program yang bisa di ikuti oleh masyarakat secara gratis yang terus berkembang setiap tahunnya. Berada di Rumah Pintar, saya merasa tertarik sekali untuk mengilustrasikan diri saya seperti kopi, saya membaca sebuah rangkaian kalimat indah tentang kopi 

" Coffee never knew it would taste so nice and sweet, before it met milk and sugar, We are good as individuals but become better, when we meet and blend with the right people "
 
iya... Kopi nga akan tau rasanya begitu nikmat dan manis sebelum dicampur dengan susu dan gula... sama seperti saya yang merasa hidup saya lebih bermanfaat saat saya berada di Rumah Pintar, bersama dengan komunitas-komunitas hebat yang mempunyai kesamaan visi misi (Susu) dan begitu banyak binaan yang rindu untuk maju bersama-sama, berjuang bersama-sama (Gula). Alangkah indahnya saat kami, kopi, susu dan gula bersatu di dalam sebuah cangkir yang dalam hal ini adalah Rumah Pintar sebagai bagian dari CSR Sinarmas Land yang kemudian bisa menjadi kopi selamat pagi untuk masyarakat dimanapun berada untuk lebih bersemangat dan berdaya juang.



Sebagai Koordinator Rumah Pintar BSD City dan UMKM, selama ini saya membuat perencanaan pengembangan program untuk 5 Sentra yang ada yaitu Sentra Komputer, Sentra Buku, Sentra Audio Visual, Sentra Bermain dan Sentra Kriya, dimana untuk pelaksanaannya Rumah Pintar di dampingi oleh tutor-tutor yang hebat dan pakar di bidangnya. Secara khusus saya aktif untuk pendampingan mengajar di Sentra Komputer dan juga Sentra Kriya. 


Kegiatan kami menjadi lebih beragam lagi semenjak Pandemi Covid -19. Menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat, kegiatan masing-masing Sentra pun berkembang menjadi program-program baru, seperti Rumah Pintar Cerdas, Rumah Pintar Menyapa, Rumah Pintar Sehat, Virtual Art Show dan banyak kegiatan kolaborasi lainnya yang berlangsung dalam bentuk workshop online. Jangkauan pun menjadi lebih luas, Seperti Rumah Pintar Menyapa yang saat ini menjangkau Nasional, dimana sekitar 450 orang binaannya berasal dari pulau atau kota-kota yang menyebar di seluruh Indonesia. Ada kebahagiian yang tak bisa terlukiskan saat bisa mengenal dan berada di tengah komunitas yang didalamnya terdapat kehangatan dan kesatuan impian untuk merubah kehidupan menjadi lebih baik. Ya.. saya bahagia berada dan menjadi bagian dari di Rumah Pintar BSD City, tempat saya bekerja, menggali potensi diri, berkarya, membangun komunitas, tempat dimana saya bisa mengenal banyak pejuang hidup dan di tempat ini juga saya belajar untuk menjadi lebih baik, lebih bermanfaat bagi banyak orang. 

Hidup juga terasa lebih berarti saat bahu-membahu bersama para binaan untuk memproduksi barang-barang untuk digunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan saat pandemi berlangsung, seperti pembuatan nasi box dan pembagiannya kepada masyarakat, pembuatan masker non medis dan Face Shield. Rumah Pintar BSD City bukan hanya tempat belajar, tapi tempat para binaannya diajak untuk berbagi bersama-sama dengan menggunakan keahlian hasil pelatihan yang diadakan untuk menyentuh masyarakat lebih luas.

Sebagai individu saya bangga menjadi bagian dari keluarga besar ini, bersama-sama berlatih, saling dukung, saling mengkritik, tertawa dan mencoba setiap tantangan baru bersama-sama. Ya... Keluarga besar ini bernama Keluarga Besar Rumah Pintar BSD City, dan harapan saya keluarga besar ini akan terus semakin solid dan semakin berkembang lagi seiring dengan waktu dan usia kita yang semakin bertambah. 









Posting Komentar

0 Komentar